Langsung ke konten utama

Contoh Soal Latihan PKN Ulangan Akhir Semeser 1 Kelas 3 SD/MI Lengkap Dengan Sumber

Alhamdulillah materi yang kita pelajari di mata pelajaran PKN ini telah berakhir pada pertemuan ini. tapi bukan kok kita sudah bebas dengan semuanya dan bisa seenaknya unutk melupakan semua tapi disinilah kita hi tuntut unutk mampu mengembangkan dan mmengerjakan semua yang telah kita pelajari.
eh..iya.. harapan kakak untutk adek adalah agar supaya adek selalau mengingat jasa pahalawan negara sehingga mereka bisa kita jadikan suri tauladan. amien
yuuk dek mengingat kembali peljaran yan gpernah kita pelajari sebelumnya dengan mengerjakan kumpulan soal soal yang sudak kakak kemas dalam satu artikel ini, yang mana insya Allah soal solanya sesuai dengan materi yang ada karena kakak telah mengkutipnya dari sumber yang terpercaya menurut kakak.
 yuk tanpa lama lama kita kerjakan, dan sebelum mengerjakan mari basa basmallah bersama..
Bismillahir rohmanir rohim
Berilah Tanda Silang(X) Pada Jawaban Yang Menurutmu Paling Benar Di Antara a, b, c atau d
1. Bangsa Indonesia mengalami kegagalan dalam mengusir penjajah karena kurang .....
a. persenjataan       
b. persatuan
c. persediaan pangan

2. Di bawah ini adalah tokoh Sumpah Pemuda, kecuali .....
a. Sugondo Joyopuspito     
b. Ir. Soekarno
c. Muh. Yamin

3. Pertengkaran mengakibatkan .....
a. perpecahan     
b. persahabatan
c. persatuan

4. Sumpah Pemuda dipelopori oleh .....
a. kaum bangsawan     
b. pemuka agama
c. para pemuda

5. Aturan dibuat untuk membuat ....
a. kacau       
b. gelisah
c. tenteram

6. Aturan keluarga berlaku untuk ....
a. ayah dan ibu  
b. semua anggota keluarga
c. kakak dan adik

7. Sebelum berangkat sekolah sebaiknya ....
a. minta doa restu        
b. minta iuran sekolah
c. minta uang saku

8. Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah .....
a. Bahasa Daera      
b. Bahasa Indonesia
c. Bahasa Inggris

9. Tugas utama pelajar adalah .....
a. belajar          
b. bekerja
c. bermain

10. Poskamling adalah tempat untuk ....
a. ronda malam       
b. musyawarah   
c. pertemuan warga

11. Siswa putri waktu sekolah dilarang memakai .....
a. kaca mata     
b. perhiasan
c. rok panjang

12. Waktu istirahat anak-anak sebaiknya .....
a. tetap di dalam kelas        
b. di luar halaman sekolah
c. di luar ruang kelas

13. Jika temanmu berkelahi, maka .....
a. dilerai           
b. dibela
c. dituntun

14. Sampah yang menumpuk di sekolah menimbulkan .....
a. keindahan       
b. bibit penyakit
c. kenyamanan

15. Dalam berteman di sekolah sebaiknya ....
a. memilih yang pandai         
b. tidak membedakan
c. memilih yang kaya

16. Pertengkaran dapat menimbulkan ....
a. persaudaraan                  
b. perdamaian
c. perpecahan

17. Tokoh Sumpah Pemuda adalah ....
a. Mohammad Hatta         
b. Mohammad Husni Tamrin
c. Mohammad Yamiin

18. Jiwa persatuan dan kesatuan dapat dikembangkan sejak ....
a. masa kecil        
b masa remaja
c. masuk sekolah

19. Tidak membedakan suku bangsa, termasuk pengamalan  Pancasila, sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa      
b. Persatuan Indonesia
c. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

20. Suku Sunda berasal dari Provinsi ....
a. Jawa Tengah    
b. Jawa Timur     
c. Jawa Barat

21. Regu piket sebaiknya datang ....
a. lebih awal       
b. terlambat
c. tepat waktu

22. Jika bertamu, yang pertama kamu lakukan ....
a. duduk di kursi tamu       
b. mengucap salam
c. masuk ruang tamu

23. Kamu harus berbuat sopan terhadap ....
a. siapa saja      
b. kakak
c. orang tua

24. Yang menjadi kepala keluarga adalah ....
a. ayah        
b. kakek       
c. ibu

25. Kebersihan kelas adalah tanggung jawab ....
a. regu piket    
b. semua warga kelas    
c. bapak/ibu guru

Isilah titik titik dengan jawaban yang benar
1. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal...............................
2. Bersatu kita teguh, bercerai kita ...............................
3. Bangsa Indonesia bersatu negara Indonesia ...................................
4. Lagu kebangsaan negara kita adalah ...................................
5. Setelah bangun tidur merapikan............................... ....
6. Jika tidak masuk sekolah harus ...................................
7. Membuang sampah sebaiknya di............................... ....
8. Waktu guru menerangkan, sebaiknya............................... ....
9. RT singkatan dari ...................................
10. Jika bertemu dengan bapak/ibu di jalan segera ...................................
11. Seragam sekolah anak SD berwarna............................... ....
12. SISKAMLING singkatan dari ...................................
13. Regu piket harus datang di sekolah lebih ...................................
14. Siswa yang melanggar tata tertib sekolah mendapat ...................................
15. Kita hidup dengan tetangga harus saling............................... ....

Jawab pertanyaan dengan tepat
1. Berikan 3 contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda dalam 
2. Terdiri dari siapa saja yang disebut keluarga inti?
3. Bagaimana sikapmu dalam mengikuti upacara bendera?
4. Apa arti dari persatuan dan kesatuan?
5. Bagaimana jika kamu melihat temanmu mencoret-coret tembok sekolah?



Demikian dari kami semoga bermanfaat dan dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kesulitan Anda dalam Download Atau Akses Dari Artikel Diatas. Dan saya mohon bila anda menjumpai kesalahn tolong secepatnya tinggalkan komentar di Bawah agar secepatnya kami perbaiki.


Sumber  : http://www.soalulangansekolah.com/2015/11/soal-uas-pkn-kelas-3-sd-semester.html
Editor     :Kang Teguh
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Melatar Belakangi Perkembangan Bimbingan Konseling (BK)

Faktor-Faktor yang Melatar Belakangi Berkembangnya Bimbingan Konseling.  Upaya layanan bimbingan dan konseling secara profesional lahir dl Amenka Serikat  dan berkembang pesat abad ke-20. Banyak faktor yang mendorong pesatnya Perkembangan disiplin ilmu ini, hingga mampu menerobos institusi-institusi pendidikan khususnya sekolah. Sedikitnya, terdapat enam faktor yang mempelopori perkembangan bimbingan dan konseling tersebut, di antaranya yaitu:  1. Perhatian pemerintah terhadap penduduk imigran yang datang ke Amerika Serikat dari kawasan Eropa, mereka membutuhkan pekerjaan yang layak, dari situlah kemudian mendapat layanan dari biro biro vokasional pemerintah, yang melalui penyuluhan penyuluhan untuk mengarahkan bakat dan minat mereka agar pekerjaan yang di dapat sesuai dengan potensi mereka.  2. Pandangan Kristen yang beranggapan bahwa dunia adalah tempat pertempuran antara kekuatan baik dan buruk, atas dasar ini maka berbagai lembaga pendidikan di wajibkan mengajark...

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia  Sejarah Lahirnya Bimbingan Konseling di Indonesia  Di Indonesia sendiri, praktek Bimbingan Konseling sebenarnya sudah lama diperankan, seperti berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo pada tahun 1908, hingga pada periode selanjutnya berdirilah perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang menanamkan nilai-nilai Nasionalisme di kalangan para siswanya.  Prinsip didaktik yang dipegang oleh Perguruan Nasional Taman Siswa ini antara lain: kemerdekaan belajar, bekerja dan menggunakan pendekatan konvergensi. Dari pola pendidikan Taman Siswa tersebut telah nampak perhatian dan penghargaan terhadap potensi seseorang dan kemerdekaan untuk mengembangkan potensi. Hal ini merupakan benih dari gerakan bimbingan  konseling.  Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dan didiriknnya beberapa kementerian pada waktu itu (ada Kantor Penempatan Kerja) yang ...

PARAGRAF

PARAGRAF A.       Pengertian paragraf Paragraf yaitu " seperangkat kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas ". Kalimat Pokok atau Kalimat Utama yaitu " kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf ". Sedangkan Kalimat Penjelas yaitu " kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama ". B.        Syarat-Syarat Paragraf Paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berangkai nan padu yang membentuk suatu gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pembacanya. Suatu paragraf yang baik harus mencakup beberapa persyaratan sebagai berikut: 1. Kelengkapan (Completeness) Paragraf yang baik harus memiliki unsur – unsur paragraf yang lengkap diantaranya adalah: a.        Gagasan utama Gagasan utama adalah topik utama atau permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu paragraf. b.       Kalimat utama Kalimat utama adalah kalimat yang meng...