Langsung ke konten utama

Kumpulan Soal Matematika Kelas 4 SD semester 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah.  pada pagi hari ini kita bisa berjumpa lagi di dalam keadaan sehat walafiat dengan penuh syukur Mari kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan mengucapkan  Alhamdulillahirobbilalamin. Oke Langsung aja pada pagi hari ini, di hari Sabtu jam 05.35 menit sebelum kakak memulai aktivitas, Kakak akan mengajak adik-adik untuk belajar, kata guru saya "sebuah ilmu tidak diajarkan kepada orang lain tidak diamalkan maka seperti buah seperti pohon yang tidak berbuah" maka dari itu mari adik adik kakak akan mengajarkan sedikit saja materi-materi sekolah adik baik materi agama ataupun materi umum. 

Pada kesempatan hari ini pagi hari ini kakak akan mengajarkan materi matematika kelas 4 SD semester 1, untuk lebih jelasnya Mari kita mengambil perlengkapan sekolah belajar untuk melakukan belajar bersama dan Mari kita kerjakan soal-soal di bawah ini bersama-sama, tapi sebelum mengerjakan jangan lupa Mengucapkan lafadz Basmalah yaitu Bismillahirrohmanirrohim semoga dengan bacaan tadi bisa memberikan manfaat bagi diri kita sendiri dan bagi diri orang lain yang akan datang di generasi generasi selanjutnya amin amin ya robbal alamin

I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!
1. Lambang bilangan “ negatif seratus delapan belas” adalah ....
a. 118
b. 181
c. – 118
d. – 181

2. Bilangan yang terletak 13 satuan di sebelah kiri 4 adalah ....
a. 9
b. 17
c. –9
d. –17

3. Bilangan yang lebih kecil dari –14 tapi lebih besar dari –16 adalah ....
a. –13
b. –14
c. –15
d. 10

4. 236 + (–116) = ....
a. 352
b. 120
c. -120
d. -352

5. Bilangan yang terletak 12 satuan di sebelah kanan angka –7 adalah ....
a. 19
b. 5
c. –5
d. –19

6. 526 ..... –875
Tanda perbandingan yang tepat untuk pernyataan di atas adalah ....
a. >
b. <
c. =
d. ≠

7. – 4, 0, 1, 3, 5, – 2, – 7,
Urutan dari yang terbesar ke yang terkecil yang benar adalah ....
a. – 7, – 4, – 2, 0, 1, 3, 5
b. 5, 3, 1, 0, –2, –4, –7
c. – 7, 5, – 4, 3, – 2 , 0, 1
d. 0, 1, – 2, 3, –4, 5, 7

8.
Gambar di atas menunjukkan .....
a.  5 +  (–8) = 3
b. 8 +  (–5) = 3
c. (–5) + 8 = 3
d. 3 + 5 = 8

9. Suhu kota Tokyo 10° di bawah 0°. Suhu di kota tersebut ditulis ....
a. 10
b. –1
c. 0°
d. –10

10. Lawan dari bilangan 265 adalah ....
a. 562
b. –265
c. –562
d. 625

11. 7, 27, 0, 4, –2, 9, – 23,
Bilangan bulat di atas yang paling kecil adalah ....
a. – 23
b. –2
c. 4
d. 27

12. Bilangan – 15, 19, 11, – 25, 35 bila diurutkan dari yang terkecil adalah ....
a. 11, – 15, 35, 19, – 25
b. 19, 35, 11, –15, –25
c. – 15, 19, 35, – 25, 11
d. –25, –15, 11, 19, 35

13. Bilangan 213, –212, 216, –116, 111, 113, –110 bila diurutkan dari yang terbesar adalah ....
a. 216, –212, –110, 213, –116, 113, 111
b. 216, –110, 213, –212, –110, –116, 113
c. 216, 213, 113, 111, –110, –116, –212
d. 216, –110, 213, –116, 113, 111, –212

14.

Kalimat Matematika yang benar untuk garis bilangan di atas adalah ....
a.  – 5 + (–1) = –6
b. –6 + 11 = 5
c. –5 + (–1 )= –6
d. 5 + (–11) = –6

15. –8 – (–12) =
a. 4
b. 20
c. –20
d.  –4

16. 2 + (–10) = n n = ....
a. 12
b. –12
c. 8
d. –8

17. Hasil dari –4 + (–27) adalah ....
a. –23
b. –31
c. 23
d. 31

18. –15 – (–14) = n n = ....
a. –29
b. 29
c. –1
d. 1

19. Hasil dari –6 + 9 + (–15) adalah ....
a. –30
b. –25
c. –18
d. –12

20. 5 – 8 – (–14) = ....
a. 11
b. 13
c. 22
d. 273

21. Pecahan biasa dari 2  3/8 adalah .....
a. 23/8
b. 19/8
c. 18/8
d. 20/8

22. Jumlah dari 3/4 + 2/3 =.....
a. 5/7
b. 10/12
c. 1 5/12
d. 1 7/12

23. 3/5 = n/25  nilai untuk n adalah .....
a. 5
b. 12
c. 15
d. 20

24. 5/10 dari 300 adalah .....
a. 100
b. 150
c. 175
d. 200

25. a/14 = 1 1/7 Nilai a adalah .....
a. 16
b. 17
c. 18
d. 19

26. pecahan biasa dari 5  6/7 adalah .....
a. 56/7
b. 41/6
c. 40/7
d. 41/7

27. Nilai pecahan berikut senilai dengan 5/6  , kecuali ….
a. 25/30                        
b. 10/12                    
c. 20/24                        
d. 6/5

28. Pecahan desimal berikut jika diurutkan dari yang terbesar adalah ….
a. 0,64; 0,36 ;0,62          
b. 0,59; 0,96; 0,97
c. 0,35; 0,52; 0,54            
d. 0,86; 0,78; 0,58

29. n + 6/11 = 12/11,  Nilai n yang benar adalah .....
a. 4/11
b. 5/11
c. 6/11
d. 7/11

30 .

Gambar yang diarsir menunjukkan pecahan .....
a. 6/8
b. 4/9
c. 5/9
d. 5/10

II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Andi menyelam sedalam 6 m. Bilangan bulatnya ditulis ....
2. Pada bilangan 1, –10, 3, –4, –6, 5,  Bilangan yang terkecil adalah ....
3. Hasil dari 59 + (–78) adalah ....
4. 63 – (–38) = ....
5. Hasil dari 115 + (–195) – 52 adalah ....
6. Bentuk paling sederhana dari pecahan 16/24 adalah .....
7. Bentuk persen dari 17/25 adalah .....
8. Selisih dari 1  1/2 dengan 1/4 adalah .....
9. 3/7 = n/63  Nilai untuk n adalah .....
10. Hasil dari 3/4 + 1/3 + 1/2 adalah .....


Demikian artikel yang saya lampirkan dari sumber yang saya kutip. Bila ada kata kata yang salah dan ada salah penuturan dalam penyampaian. Redaksi mohon beritahu saya agar saya bisa membenahinya dan membetulkannya demi untuk mendorong kesempurnaan redaksi. Dan saya ulangi dan tegaskan lagi bahwa semua artikel yang ada didalam blog saya murni adalah hasil cuplikan dari redaksi lqin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Melatar Belakangi Perkembangan Bimbingan Konseling (BK)

Faktor-Faktor yang Melatar Belakangi Berkembangnya Bimbingan Konseling.  Upaya layanan bimbingan dan konseling secara profesional lahir dl Amenka Serikat  dan berkembang pesat abad ke-20. Banyak faktor yang mendorong pesatnya Perkembangan disiplin ilmu ini, hingga mampu menerobos institusi-institusi pendidikan khususnya sekolah. Sedikitnya, terdapat enam faktor yang mempelopori perkembangan bimbingan dan konseling tersebut, di antaranya yaitu:  1. Perhatian pemerintah terhadap penduduk imigran yang datang ke Amerika Serikat dari kawasan Eropa, mereka membutuhkan pekerjaan yang layak, dari situlah kemudian mendapat layanan dari biro biro vokasional pemerintah, yang melalui penyuluhan penyuluhan untuk mengarahkan bakat dan minat mereka agar pekerjaan yang di dapat sesuai dengan potensi mereka.  2. Pandangan Kristen yang beranggapan bahwa dunia adalah tempat pertempuran antara kekuatan baik dan buruk, atas dasar ini maka berbagai lembaga pendidikan di wajibkan mengajark...

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia  Sejarah Lahirnya Bimbingan Konseling di Indonesia  Di Indonesia sendiri, praktek Bimbingan Konseling sebenarnya sudah lama diperankan, seperti berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo pada tahun 1908, hingga pada periode selanjutnya berdirilah perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang menanamkan nilai-nilai Nasionalisme di kalangan para siswanya.  Prinsip didaktik yang dipegang oleh Perguruan Nasional Taman Siswa ini antara lain: kemerdekaan belajar, bekerja dan menggunakan pendekatan konvergensi. Dari pola pendidikan Taman Siswa tersebut telah nampak perhatian dan penghargaan terhadap potensi seseorang dan kemerdekaan untuk mengembangkan potensi. Hal ini merupakan benih dari gerakan bimbingan  konseling.  Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dan didiriknnya beberapa kementerian pada waktu itu (ada Kantor Penempatan Kerja) yang ...

PARAGRAF

PARAGRAF A.       Pengertian paragraf Paragraf yaitu " seperangkat kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas ". Kalimat Pokok atau Kalimat Utama yaitu " kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf ". Sedangkan Kalimat Penjelas yaitu " kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama ". B.        Syarat-Syarat Paragraf Paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berangkai nan padu yang membentuk suatu gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pembacanya. Suatu paragraf yang baik harus mencakup beberapa persyaratan sebagai berikut: 1. Kelengkapan (Completeness) Paragraf yang baik harus memiliki unsur – unsur paragraf yang lengkap diantaranya adalah: a.        Gagasan utama Gagasan utama adalah topik utama atau permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu paragraf. b.       Kalimat utama Kalimat utama adalah kalimat yang meng...