Langsung ke konten utama

Materi Soal Matematika Kelas 4 SD Semester 1

 Assalamualaikum adik-adik pada pagi hari ini kakak akan mengajak adik belajar lagi yaitu pelajaran matematika, kemarin kakak telah mengajarkan tentang beberapa cara untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah kakak rangkum  dari kumpulan artikel-artikel dari blog blog pendidikan yang lain yang memiliki kualitas yang bagus, pada pagi hari ini kakak akan membuat soal untuk menguji Seberapa kah kemampuan adik dalam mempelajari pelajaran yang telah diajarkan oleh Beliau bapak guru di sekolah.

untuk lebih lanjutnya silakan ambil pensil buku, pokoknya semua alat-alat tulis dan letakkan di atas meja kemudian kerjakan bersama kakak, dan sebelum  memulainya, Yuk kita baca basmalah bersama sama Bismillahirrohmanirrohim Semoga dengan bacaan ini materi yang akan kita pelajari bisa memberikan manfaat bagi kita semua amin amin ya robbal alamin

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar !
1. 275 + 300 = n + 275    n = ...
a. 200
b. 250
c. 300
d. 350

2. Sifat penjumlahan pada soal nomor 1 adalah . . . .
a. komutatif              
b. distributif
c. asosiatif              
d. komunikatif

3. 5 x (8 + 7) = (5 x 8) + (5 x n )   n = ...
a. 5              
b. 6
c. 7                  
d. 8

4. 125 × 8 × 67 paling mudah diselesaikan dengan menggunakan sifat . . . .
a. komutatif              
b. distributif
c. asosiatif              
d. komunikatif

5. 85 × 99 = (85 × n) – (85 × 1), nilai n = . . . .
a. 5      
b. 9          
c. 90          
d. 100

6. (35 × 75) + (35 × 25) = 35 × . . . .
a. 100                  
b. 75
c. 35                  
d. 25

7. Hasil dari 30 x 40 – 750 + 300 adalah ...
a. 700
b. 750
c. 800
d. 850

8. Angka 8 pada bilangan 28.456 memiliki nilai tempat ...
a. puluhan
b. ratusan
c. ribuan
d. puluhan ribu

9. 5.585 bila dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi ...
a, 5.000
b. 5.500
c. 5.600
d. 6.000

10. 53 x 78 = ...
Hasil taksiran operasi hitung di atas ...
a. 3.500
b. 3.800
c. 4.000
d. 4.500

11. Penulisan nilai uang yang  benar adalah ...
a. 2.500,00 Rp
b. Rp. 2.500,00
c. Rp. 2.500,-
d. Rp. 2.500

12. Kelipatan bilangan 6 adalah . . . .
a. 0, 6, 12, 18, 24, 30...          
b. 6, 12, 18, 24, 30...  
c. 6, 14, 20, 26, 30...
d. 6, 12, 18, 26, 30...  

13. Kelipatan persekutuan dari 8 dan 12 adalah . . . .
a. 24, 48, 72, ...          
b. 24, 38, 42, ...
c. 24, 52, 64, ...          
d. 24, 48, 64, ...

14. Faktor dari bilangan 30 adalah ...
a. 1, 2, 3, 4, 6, 10, 15, 30
b. 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
c. 1, 2, 3, 4, 5,  6, 15, 30
d. 1, 2, 3, 6, 8, 10, 15, 30

15. Faktor persekutuan dari 20 dan 24 adalah . . . .
a. 1, 2, 3, 4, 5, 6              
b. 1, 2, 4
c. 2, 4
d. 1, 2

16. Di bawah ini yang bukan kelipatan 16 adalah . . . .
a. 48                  
b. 60
c. 80                  
d. 96

17. Faktor prima dari 250 adalah ...
a. 2 dan 3
b. 2 dan 5
c. 3 dan 5
d. 2, 3, dan 5

18. Faktorisasi prima dari 350 adalah ...
a. 2 x 3 x 5 x 7
b. 2 x 5 x 5 x 7
c. 2 x 2 x 3 x 5
d. 2 x 3 x 3 x 5

19. KPK dari 32 dan 48 adalah ...
a. 80
b. 86
c. 96
d. 192

20. Riski pergi berenang 6 hari sekali, Diki pergi berenang 8 hari sekali. Mereka akan berenang bersama ... hari sekali.
a. 14
b. 18
c. 20
d. 24

21. 3 jam + 45 menit = ... menit
a. 200
b. 215
c. 225
d. 300

22. Hasil dari 10 m + 6 dm = ... cm
a. 16
b. 106
c. 1.060
d. 1.600

23. Untuk pesta ulang tahun, Putri memerlukan 750 gram cokelat dan 15 hg gula. Jika ditimbang maka beratnya ... kg.
a. 2
b. 2,20
c. 2,25
d. 2,5

24. Kakak belajar mulai pukul 19.00 dan selesai pukul 21.35. Jadi, kakak belajar selama ... menit
a. 150
b. 155
c. 160
d. 165

25. Ibu memasukkan 300 sendok ke dalam kardus. Jumlah sendok tersebut ada ... lusin.
a. 20
b. 25
c. 30
d. 35

26. Sudut 180 dapat dibentuk antara arah utara dengan arah ...
a. timur
b. tenggara
c. selatan
d. barat

27. Tinggi sebuah segitiga 14cm. Jika alasnya 26 cm, maka luasnya adalah ... cm
a. 180
b. 182
c. 282
d. 364

28.


Luas daerah yang diarsir adalah ... cm²
a. 5.418
b. 5.504
c. 11.008
d. 16.512

29. Luas segitiga 54 cm². Jika alasnya 9 cm, maka tingginya adalah ... cm.
a. 6
b. 8
c. 12
d. 14

30. Jika keliling segitiga sama sisi 81 cm, maka panjang sisi-sisinya adalah ... cm
a. 26
b. 27
c. 28
d. 29

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat !
1. Nilai angka 6 pada bilangan 168.775 adalah ...
2. Selisih angka 2 dan 7 pada bilangan 1.275 adalah ...
3. 698 x 75 = n   n kira-kira ...
4. Satu lembar uang Rp. 50.000,00 dapat ditukar dengan uang Rp.2000,00 sebanyak ... lembar
5. Besar sudut yang terbentuk antara tenggara dengan barat daya adalah ...


Demikian artikel yang saya lampirkan dari sumber yang saya kutip. Bila ada kata kata yang salah dan ada salah penuturan dalam penyampaian. Redaksi mohon beritahu saya agar saya bisa membenahinya dan membetulkannya demi untuk mendorong kesempurnaan redaksi. Dan saya ulangi dan tegaskan lagi bahwa semua artikel yang ada didalam blog saya murni adalah hasil cuplikan dari redaksi lqin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Melatar Belakangi Perkembangan Bimbingan Konseling (BK)

Faktor-Faktor yang Melatar Belakangi Berkembangnya Bimbingan Konseling.  Upaya layanan bimbingan dan konseling secara profesional lahir dl Amenka Serikat  dan berkembang pesat abad ke-20. Banyak faktor yang mendorong pesatnya Perkembangan disiplin ilmu ini, hingga mampu menerobos institusi-institusi pendidikan khususnya sekolah. Sedikitnya, terdapat enam faktor yang mempelopori perkembangan bimbingan dan konseling tersebut, di antaranya yaitu:  1. Perhatian pemerintah terhadap penduduk imigran yang datang ke Amerika Serikat dari kawasan Eropa, mereka membutuhkan pekerjaan yang layak, dari situlah kemudian mendapat layanan dari biro biro vokasional pemerintah, yang melalui penyuluhan penyuluhan untuk mengarahkan bakat dan minat mereka agar pekerjaan yang di dapat sesuai dengan potensi mereka.  2. Pandangan Kristen yang beranggapan bahwa dunia adalah tempat pertempuran antara kekuatan baik dan buruk, atas dasar ini maka berbagai lembaga pendidikan di wajibkan mengajark...

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia  Sejarah Lahirnya Bimbingan Konseling di Indonesia  Di Indonesia sendiri, praktek Bimbingan Konseling sebenarnya sudah lama diperankan, seperti berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo pada tahun 1908, hingga pada periode selanjutnya berdirilah perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang menanamkan nilai-nilai Nasionalisme di kalangan para siswanya.  Prinsip didaktik yang dipegang oleh Perguruan Nasional Taman Siswa ini antara lain: kemerdekaan belajar, bekerja dan menggunakan pendekatan konvergensi. Dari pola pendidikan Taman Siswa tersebut telah nampak perhatian dan penghargaan terhadap potensi seseorang dan kemerdekaan untuk mengembangkan potensi. Hal ini merupakan benih dari gerakan bimbingan  konseling.  Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dan didiriknnya beberapa kementerian pada waktu itu (ada Kantor Penempatan Kerja) yang ...

PARAGRAF

PARAGRAF A.       Pengertian paragraf Paragraf yaitu " seperangkat kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas ". Kalimat Pokok atau Kalimat Utama yaitu " kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf ". Sedangkan Kalimat Penjelas yaitu " kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama ". B.        Syarat-Syarat Paragraf Paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berangkai nan padu yang membentuk suatu gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pembacanya. Suatu paragraf yang baik harus mencakup beberapa persyaratan sebagai berikut: 1. Kelengkapan (Completeness) Paragraf yang baik harus memiliki unsur – unsur paragraf yang lengkap diantaranya adalah: a.        Gagasan utama Gagasan utama adalah topik utama atau permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu paragraf. b.       Kalimat utama Kalimat utama adalah kalimat yang meng...