Langsung ke konten utama

Contoh Soal IPA Kelas 6 SD-MI BAB 7 Lengkap Sumber Buku Paket

RANGKUMAN MATERI

  • Arus listrik pergerakan elektron di datam rangkaian listrik tertutup 
  • Elektrolit zat yang dapat menghantarkan arus listrik 
  • Elektron partikel bermuatan negatif
  • Energi kemampuan suatu benda untuk melakukan kerja 
  • Energi listrik energi yang dihasilkan oleh aliran elektron
  • Generator afat untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik
  • Listrik statis gejala kelistrikan yang ditimbulkan oleh muatan yang diam 
  • Listrik dirlamis gejala kelistrikan yang ditimbulkan oleh muatan yang bergerak à 
  • Sel surya alat untuk menangkap energi matahari



Pillhlah jawaban yang tepat.

1.Benda bermuatan negatif apabila jumlah proton.
a. sama dengan jumlah elektron
b. Iebih besar dari jumlah elektron
C. Iebih kecil dari jumlah elektron
d. Tidak tergantung jumlah elektron

2.Gejala kelistrikan dapat ditimbulkan oleh muatan · yang diam. Gejala
kelistrikan ini disebut listrik.
a. statis
b. kinetis
c. Dinamis
d. praktis

3. Diketahui tiga benda bermuatan, yaitu benda A, B, dan C.'Benda A ditarik
oleh benda B. Ketika didekatkan dengan benda C, benda B ditolak. Jika
benda C bermuatan positif, maka.
a., benda A bermuatan positif
b. Benda A bermuatan negatif
c.. Benda B bermuatan negatif
d. Muatan benda A sama dengan benda B

4.Arus listrik hanya dapat mengalir pada rangkaian listrik.
a. Terbuka
b. seri
c. Tertutup
d. seri dan paralel

5. Sumber energi manakah yang memanfaatkan bahan kimiaT
a. Dinamo.
b. Sel surya.
c. Generator.
d. Baterai.

6.Air terjun dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Energi air
terjun diubah menjadi energi listrik menggunakan
a. Dinamo
b. sel surya
c. Generator
d. Turbin

7. Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Kelompok alat
yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak adalah
a. Kipas angin, mesin cuci, dan bor listrik
b. Teko listrik, kompor listrik, dan dispenser
c. radio, televisi, dan kipas angin
d. pengering rambut, bor listrik, dan solder listrik

8. lampu neon mengubah energi listrik menjadi energi .....
a. panas dan bunyi
b.. Bunyi dan cahaya
c.panas dan cahaya
d. cahaya dan gerak

9. Kegíatan manakah yang dapat menghemat energi listrik7
a. Membiarkan komputer menyala walaupun tidak digunakan.
b. Membuka tutup lemari es datam waktu lama.
c. Mematikan Ïampu ketika mau pergi.
d. Menonton televisi sampai larut matam.

10. Manakah yang bukan merupakan tujuan penghematan listrikT
a. Menjamin ketersediaan listrikdi masa mendatang.
b. Menambah biaya rekening listrik.
c. Menjaga pasokan listrikagar lancar.
d. Agar tidak terjadi pemadaman listrik.

Isilah titik-titik berikut.


  1. Dua buah benda yang bermuatan senama saling didekatkan. Kedua benda itu akan......
  2. Pada rangkaian listrik, elektron mengalir dari kutub.. Ke kutub. .....
  3. Radio mampu mengubah energi listrik menjadi energi......
  4. Nyala lampu pada rangkaian seri lebih....... Daripada rangkaian paraïel. 
  5. Dinamo sepeda mengubah energi menjadi energi.......

Jawablah dengan singkat dan jetas. 

  1. Sebutkan 4 macam sumber energi listrik.
  2. Dua benda bermuatan tidak senama saling didekatkan. Apa yang terjadiT 
  3. Apakah yang disebut dengan listrik dinamis7
  4. Berikan 3 contoh perubahan energi listrik pada alat listrik. 
  5. Sebutkan 4 cara menghemat energi listrik.
Sumber buke sekolah elektronik
Editor kang teguh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Melatar Belakangi Perkembangan Bimbingan Konseling (BK)

Faktor-Faktor yang Melatar Belakangi Berkembangnya Bimbingan Konseling.  Upaya layanan bimbingan dan konseling secara profesional lahir dl Amenka Serikat  dan berkembang pesat abad ke-20. Banyak faktor yang mendorong pesatnya Perkembangan disiplin ilmu ini, hingga mampu menerobos institusi-institusi pendidikan khususnya sekolah. Sedikitnya, terdapat enam faktor yang mempelopori perkembangan bimbingan dan konseling tersebut, di antaranya yaitu:  1. Perhatian pemerintah terhadap penduduk imigran yang datang ke Amerika Serikat dari kawasan Eropa, mereka membutuhkan pekerjaan yang layak, dari situlah kemudian mendapat layanan dari biro biro vokasional pemerintah, yang melalui penyuluhan penyuluhan untuk mengarahkan bakat dan minat mereka agar pekerjaan yang di dapat sesuai dengan potensi mereka.  2. Pandangan Kristen yang beranggapan bahwa dunia adalah tempat pertempuran antara kekuatan baik dan buruk, atas dasar ini maka berbagai lembaga pendidikan di wajibkan mengajark...

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia

Sejarah Perkembangan Bimbingan Konseling Di Indonesia  Sejarah Lahirnya Bimbingan Konseling di Indonesia  Di Indonesia sendiri, praktek Bimbingan Konseling sebenarnya sudah lama diperankan, seperti berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo pada tahun 1908, hingga pada periode selanjutnya berdirilah perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang menanamkan nilai-nilai Nasionalisme di kalangan para siswanya.  Prinsip didaktik yang dipegang oleh Perguruan Nasional Taman Siswa ini antara lain: kemerdekaan belajar, bekerja dan menggunakan pendekatan konvergensi. Dari pola pendidikan Taman Siswa tersebut telah nampak perhatian dan penghargaan terhadap potensi seseorang dan kemerdekaan untuk mengembangkan potensi. Hal ini merupakan benih dari gerakan bimbingan  konseling.  Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dan didiriknnya beberapa kementerian pada waktu itu (ada Kantor Penempatan Kerja) yang ...

PARAGRAF

PARAGRAF A.       Pengertian paragraf Paragraf yaitu " seperangkat kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas ". Kalimat Pokok atau Kalimat Utama yaitu " kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf ". Sedangkan Kalimat Penjelas yaitu " kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama ". B.        Syarat-Syarat Paragraf Paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berangkai nan padu yang membentuk suatu gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pembacanya. Suatu paragraf yang baik harus mencakup beberapa persyaratan sebagai berikut: 1. Kelengkapan (Completeness) Paragraf yang baik harus memiliki unsur – unsur paragraf yang lengkap diantaranya adalah: a.        Gagasan utama Gagasan utama adalah topik utama atau permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu paragraf. b.       Kalimat utama Kalimat utama adalah kalimat yang meng...